December 1, 2020

Portal Informasi Makanan dan Kulineran

Blog Portal Informasi Makanan dan Kulineran

Resep Rendang Daging Sapi 

Resep Rendang Daging Sapi 

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi adalah hidangan kari daging karamel dari Sumatera Barat, Indonesia. Perlu waktu berjam-jam memasak perlahan sampai santan menjadi karamel dan berubah menjadi tekstur lezat khasnya. Bersama dengan mentega kelapa buatan sendiri dan bumbu rempah-rempah, hidangan ini sangat lezat.

Rendang adalah hidangan kari yang sangat istimewa. Dibuat dengan 10 pilihan jenis rempah-rempah seperti cabai, kunyit, serai dan lengkuas, dengan mudah menonjol karena rasanya yang luar biasa yang berkembang selama proses memasak yang lama dan lambat. Rasanya sangat lezat sehingga terpilih sebagai makanan paling enak di dunia berdasarkan 35.000 suara dalam survei yang dilakukan oleh CNN. Kompleksitas hidangan dan detail yang menyertainya menjadikan rendang sebagai sajian eksklusif. Biasanya disajikan untuk pernikahan, perayaan keagamaan, dan upacara penobatan. Sekarang kita tahu rendang adalah raja kari dan rasanya sangat enak, penting untuk memahami hidangan dan tip untuk mendapatkan hasil terbaik.

Rendang berasal dari etnis Minangkabau dari Sumatera Barat. Dengan masuknya pendatang Minangkabau ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia , kemudian diperkenalkan ke negara tetangga lain seperti Malaysia dan Singapura. Nama ‘rendang’ berasal dari bahasa Sumatera ‘randang’ yang artinya pelan-pelan. Ini jelas mengacu pada proses memasak yang memakan waktu lama. Secara tradisional, dibutuhkan antara 8 jam hingga 3 hari untuk memasak rendang! Beberapa menyarankan bahwa nama yang benar untuk hidangan tersebut harus yang terakhir, bukan yang dikenal saat ini.

Bagaimana rasanya rendang?

Rendang rasanya tidak seperti kari merah dari Thailand atau India. Sebaliknya, teksturnya yang kental dan hampir seperti mentega lembut. Campuran rempah-rempahnya berpadu serasi memberikan sentuhan panas yang keluar secara halus saat disantap. Sensasi penciuman dan rasa rendang sungguh luar biasa. Selain itu, aroma rempah-rempah dan rasa pedas ‘ kerisik ‘ yang disebut juga dengan coconut butter membuat sajian ini menonjol dibandingkan jenis kari lainnya.

Kerisik terbuat dari kelapa parut yang telah dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan sebelum ditumbuk hingga keluar minyaknya. Biasanya ditambahkan ke piring dan direbus selama berjam-jam agar semua bahan melepaskan rasa optimal mereka.

Kenapa butuh waktu lama untuk memasak rendang?

Niat awal pembuatan rendang adalah untuk menyiapkan sajian yang tahan lama tanpa bantuan lemari es. Memasak dalam waktu lama memastikan cairan berlebih akan menguap. Karenanya, biarkan hidangan bertahan lebih lama. Ini juga membutuhkan setidaknya 2 jam 30 menit (porsi untuk 4-6 orang) agar santan mulai karamel. Jadi, bersabarlah untuk warna dan tekstur kari yang sempurna.

Tips membuat rendang yang enak

Saat menumis bumbu yang ditumbuk atau diblender, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang disarankan dalam resep karena bumbu atau herba yang berbeda membutuhkan waktu yang berbeda untuk dimasak sampai harum. Urutan menumis bahannya adalah serai terlebih dahulu diikuti campuran bawang putih-bawang merah, lengkuas, dan terakhir bawang merah.

Selama proses pemasakan yang lama, gula dalam santan menjadi karamel saat cairan berkurang. Selanjutnya, langkah penting lainnya yang tidak bisa dilewati adalah menumis daging hingga air berlebih menguap sebelum menambahkan santan. Ini akan membantu mengintensifkan rasa selain mengurangi kelebihan cairan.

Bisakah saya menggunakan ayam untuk membuat rendang?

Pilihan daging asli untuk rendang adalah daging sapi. Dibandingkan dengan ayam, daging sapi mampu mempertahankan proses pemasakan yang lambat. Secara teoritis, ayam bisa digunakan tetapi dagingnya akan rusak selama proses pemasakan yang lama. Akan ada banyak potongan kecil ayam dengan untaian protein di dalam panci di akhir pemasakan. Itu sebabnya rendang ayam membutuhkan waktu lebih singkat untuk dimasak. Makanya, kuahnya tidak akan karamal jika dibandingkan dengan rendang daging.

Namun, tidak seperti ayam, daging sapi mampu menahan panas sambil mempertahankan bentuknya. Oleh karena itu, daging yang dilapisi dengan kuah yang kental sangat nikmat dinikmati di setiap suapan.

Bagian mana dari daging sapi yang cocok?

Potongan daging termurah! Mintalah daging sapi untuk rebusan. Potongan daging sapi yang lebih lembut dapat berisiko menjadi keras setelah proses memasak yang lama. Daging sapi yang digunakan untuk rebusan biasanya berasal dari otot bahu dan lengan atas sapi dan terkadang diberi label sebagai potongan.

Jenis cabai yang digunakan

Saya menggunakan kombinasi cabai kering dan segar. Cabai kering digunakan karena rasanya yang berasap, sedangkan cabai segar memberi warna kemerahan yang bagus pada kari. Anda dapat memilih salah satu jenis jika Anda tidak bisa mendapatkan keduanya. Sedangkan untuk cabai kering, saya menggunakan cabai kering Sri Lanka karena mereka satu-satunya jenis yang tersedia di toko kelontong Asia yang biasa saya kunjungi. Cabai kering dari jenis Byadgi atau Kashmiri akan bekerja sama baiknya juga. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengurangi kepedasan cabai kering, tips pengganti atau tempat membelinya, lihat halaman tentang cabai kering ini .

Sedangkan untuk cabai segar, cabai rawit merupakan pilihan terbaik untuk ukuran dan juga tingkat kepedasannya. Jika Anda sama sekali tidak terbiasa membumbui dan memanaskan, gunakan paprika merah panjang. Mereka juga dikenal sebagai paprika Boldog. Ini mungkin menyinggung pecinta rendang, tetapi ini merupakan pengganti yang bagus untuk memperkenalkan rendang kepada pemakan yang tidak pedas. Jika menggunakan paprika Boldog, tumis hingga harum dan pastikan sebagian besar cairan dari paprika menguap.

Tumbuk, haluskan, atau potong herba?

Meskipun memblender adalah yang paling mudah dari 2 proses lainnya, menumbuk memberikan rasa terbaik saat minyak dari rempah-rempah dan herba dilepaskan. Jika Anda memilih untuk mencincang herba, pastikan herba tersebut dicincang halus karena proses perebusan yang lama mungkin tidak dapat melunakkan bahan seperti lengkuas dan serai. Menggigit salah satu ramuan ini mungkin tidak menyenangkan. Jika Anda tidak memilih untuk mencincang serai, biarkan serai seperti saat dihilangkan setelah dimasak.

Berapa lama saya bisa menyimpan rendang?

Jika dimasak dengan benar dan air yang berlebih dibuang sesuai dengan langkah yang disarankan, rendang dapat disimpan dalam suhu ruangan hingga 3 minggu. Namun, resep ini tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Yang terbaik adalah mendinginkan piring hingga suhu kamar sebelum didinginkan hingga 5 hari. Anda dapat membekukan piring dalam wadah kedap udara hingga 3 bulan.

Bagaimana cara menghangatkan rendang?

Anda mungkin menggunakan microwave untuk memanaskan kembali piring. Rendang beku harus dicairkan sebelum dipanaskan kembali. Jika Anda tidak memiliki microwave, kukus piring setidaknya selama 40 menit untuk memastikannya benar-benar panas.

Memasak rendang dengan slow cooker

Anda bisa memasak rendang daging sapi menggunakan slow cooker. Masukkan semua bahan yang telah diblender, daging, santan, dan air ke dalam slow cooker dan masak selama 12 jam. Daging rendangnya akan sangat empuk.

Baca Juga Artikel Tentang: Resep Nasi Kuning