October 28, 2020

Portal Informasi Makanan dan Kulineran

Blog Portal Informasi Makanan dan Kulineran

Resep Donat Kentang

Resep Donat Kentang

Resep Donat Kentang

Resep Donat Kentang ragi buatan rumah kuno ini menghasilkan donat paling lembut dan halus yang tidak hanya lezat tetapi juga sangat mudah dibuat. Donat Kentang ini mengingatkan saya pada masa lalu yang indah. Anda bisa menemukannya dijual di mana-mana ketika saya masih kecil. Namun keberadaan toko jajanan jaman dulu ini semakin langka karena berangsur-angsur diganti dengan jajanan modern.

Sejak saya membuatnya, saya mendambakannya setiap pagi. Saya biasanya membeli dan makan dua sekaligus untuk sarapan selama rutinitas sekolah saya. Rasa donat favorit saya adalah yang dilapisi dengan banyak margarin dan dilapisi dengan taburan coklat. Dan favorit kedua saya adalah yang dilapisi dengan gula bubuk. Oh yummy, mungkin saya harus menghasilkan lebih banyak setelah memposting resep ini.

Untungnya, suguhan terjangkau ini sangat mudah dibuat. Bahan untuk membuat donat ini cukup mendasar seperti kebanyakan resep donat lainnya. Yang membuat resep ini berbeda adalah penambahan kentang tumbuk di dalamnya. Anda mungkin berpikir, mengapa ada kentang tumbuk di dalamnya. Kentang tumbuk menambah kelembapan pada adonan, yang berkontribusi pada tekstur yang luar biasa lembut, ringan, dan lembut.

Gunakan Susu Hangat Dan Kentang Tumbuk

Karena ragi adalah bahan aktif, penting agar semua bahan lainnya tetap hangat untuk hasil yang optimal. Susu dan kentang tumbuk harus hangat. Tidak terlalu tahan atau dingin, sehingga ragi dapat diaktifkan kembali dengan baik. Selain itu, pastikan ragi tersebut masih segar dan tidak melewati tanggal kadaluwarsa.

Membentuk Donat

Saya suka membentuk donat saya dengan cara lama. Saya sama sekali tidak menggunakan pemotong donat karena Donat Kentang di kenangan masa kecil saya sepenuhnya dibuat dengan tangan. Makanya, tidak ada adonan yang dibuang dan semuanya benar-benar dibuat menjadi donat yang bagus dan berlubang. Mereka sangat mudah dibuat.

Pertama, Anda perlu membagi adonan menjadi 24 bola kecil. Punyaku masing-masing sekitar 50 gram. Lalu, buat lubang di tengah adonan dengan ibu jari. Perluas lubang dengan tangan Anda hingga mencapai lebar 2 jari.

Gunakan Sumpit Untuk Menjaga Lubang Donat Saat Menggoreng

Saat menggoreng, donat akan mengembang banyak sehingga terkadang adonan yang sudah matang menutupi lubang dengan sempurna. Untuk mencegahnya, cukup letakkan sumpit di lubang donat saat donat menyentuh minyak. Kemudian, sesekali putar donat saat menggoreng untuk memastikan lubangnya sudah berlubang.

Suhu Penggorengan Donat Terbaik

Suhu optimal untuk menggoreng donat Anda harus antara 360-375 ° F / 180-190 ° C. Jika suhu minyak Anda terlalu rendah, Anda akan mendapatkan donat yang sangat berminyak, karena minyak terperangkap dan terserap oleh adonan. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, hal ini menyebabkan donat Anda cepat berwarna kecokelatan dan meninggalkan bagian tengah yang mentah.

Balik Donat Hanya Sekali Saat Menggoreng

Membalik donat bolak-balik menyebabkan suhu turun secara tidak perlu, dan tidak memberikan cukup waktu untuk memasaknya secara merata. Hal ini juga menyebabkan donat menjadi berminyak pada hasil akhirnya. Goreng satu sisi selama sekitar 2 menit, balikkan hanya sekali dan goreng sisi lainnya selama 2 menit.

Olesi, Lapisi Gula, Atau Taruh Topping di Atas Donat

Anda sering melihat donat dilapisi gula atau dilapisi dengan sempurna. Di tempat saya, kami suka menambahkan taburan coklat atau keju parut untuk topping. Anda tidak terlalu membutuhkan ini karena donatnya sendiri sudah enak dan manis. Tetapi jika Anda masih ingin melakukannya, silakan melakukannya tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ingat terlebih dahulu.

  • Glasir – Pertama dan terpenting, olesi donat saat masih hangat untuk hasil terbaik. Donat yang lebih hangat lebih mudah dioleskan daripada donat dingin dan ini menghasilkan lapisan yang lebih tipis dan merata.
  • Gula Kayu Manis – Biasanya ada donat yang dilapisi gula kayu manis. Untuk hasil terbaik, aplikasikan lapisan gula kayu manis dua kali. Dab gula kayu manis paling baik diaplikasikan saat donat masih hangat sehingga gula meleleh dan menempel pada lapisan kedua yang dioleskan beberapa menit kemudian.
  • Gula Bubuk –  Untuk pilihan gula bubuk, tunggu hingga donat mencapai suhu kamar sebelum diayak. Gula cenderung mudah meleleh saat menyentuh permukaan yang hangat.
  • Topping – Di Indonesia, donat model lama ditaburi gula halus atau ditaburi topping. Toppingnya biasanya taburan coklat dan keju cheddar parut. Saat donat sudah benar-benar dingin, oleskan tipis margarin atau mentega di atasnya dan taburi toppingnya.

Bahan:

  • 2 cangkir tepung roti (250 gr)
  • 2 cangkir tepung serbaguna (250 gr)
  • 2 1/4 sdt ragi instan (11 gr)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 cangkir gula pasir (100 gr)
  • 4 kuning telur
  • 200 gr kentang tumbuk kukus hangat (dari 2 kentang ukuran sedang)
  • 3/4 cangkir susu hangat (180 ml)
  • 1/3 cangkir margarin (75 gr)
  • minyak untuk menggoreng

Instruksi:

  1. Tambahkan semua bahan dalam mangkuk besar. Aduk dengan sendok kayu hingga adonan terbentuk. Kemudian uleni adonan dengan tangan hingga lembut. Dibutuhkan sekitar 10-12 menit dengan tangan atau 8-10 menit dalam mixer berdiri. Bentuk adonan menjadi bola.
  2. Tutupi dengan handuk dapur bersih dan biarkan adonan mengembang dan gandakan selama 60-90 menit pada suhu hangat.
  3. Setelah adonan menjadi dua kali lipat, tekan adonan. Pindahkan ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung dan uleni adonan untuk mengeluarkan gas.
  4. Ukur berat adonan dan isi dengan timbangan dapur dan bagi menjadi 24 (milik saya masing-masing 50 gr). Potong adonan menjadi 24 dan gulung menjadi bola.
  5. Buat lubang di tengah adonan dengan ibu jari Anda. Perluas lubang dengan tangan Anda hingga mencapai lebar 2 jari.
  6. Tutupi dengan handuk dapur bersih dan diamkan adonan dan gandakan selama 20-30 menit pada suhu hangat sampai mengembang sedikit.
  7. Saat minyak dipanaskan hingga 375 ° F / 190 ° C, masukkan donat dengan hati-hati ke dalam minyak beberapa kali. Masukkan sumpit ke dalam lubang donat, kemudian putar donat selama menggoreng sesekali agar lubang tidak menutup. Masak sampai berwarna cokelat keemasan selama sekitar 1-2 menit setiap sisinya, balik sekali saja.
  8. Pindahkan donat ke loyang berlapis handuk kertas untuk dikeringkan dan didinginkan. Makan segera atau glasir, lapisi gula, atau taruh topping di atasnya.

Baca Juga Aetikel Tentang: Resep Sate Ayam Indonesia